Wahana Tata Nugraha Wiratama Provinsi Jawa Timur

wtn

Predikat WTN merupakan tolak ukur kinerja pelayanan Dinas Perhubungan di wilayah Kab/Kota, oleh karena itu berbagai upaya penataan transportasi dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan dilakukan kab/kota yang secara umum turut mendukung peran provinsi dalam melakukan pembinaan transportasi di daerah. Beberapa kegiatan telah diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan sumber daya aparat perhubungan dalam bentuk kegiatan Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan dan LLAJ antar Kabupaten/Kota dan Provinsi serta melakukan peningkatan prasarana lalu lintas melalui kegiatan Pembangunan dan Pengembangan Prasarana dan Fasilitas LLAJ, Pemeliharaan dan perawatan prasarana dan fasilitas LLAJ serta Pemasangan Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Jalan.

Persentase Kab/Kota berpredikat WTN di Jawa Timur tercapai 158% dari target yang ditetapkan. Dimana pada tahun 2012 kab/kota yang telah mendapatkan penghargaan WTN sebanyak 18 kab/kota dari 48 kab/kota di Provinsi Jawa Timur, atau sebesar 47% melebihi target yang ditetapkan sebesar 30%. Penilaian WTN meliputi sarana angkutan umum, prasarana lalu lintas, pelayanan masyarakat, komitmen daerah, perencanaan transportasi, pendanaan, kelembagaan dan Sumber Daya Manusia.

Provinsi jawa Timur sampai dengan tahun 2012 adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang memperoleh Wahana Tata Nugraha Wiratama 2 kali berturut-turut sejak tahun 2011. Wahana Tata Nugraha Wiratama adalah penghargaan dari Presiden kepada provinsi Jawa Timur karena mampu meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan operasional sistem transportasi perkotaan serta tertinggi dalam indikator kinerja penyelenggaraan lalu lintas dan pelaksanaan sistem lalu lintas jalan, dimana indikator dalam menentukan WTN Wiratama adalah jumlah kab/kota peserta penilaian WTN di Provinsi Jawa Timur minimal 50% memperoleh predikat WTN dengan diberikannya plakat, piala WTN kategori Lalu Lintas maupun piala WTN kategori angkutan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s