RATIO JUMLAH KENDARAAN ANGKUTAN UMUM AKDP

Ratio jumlah kendaraan angkutan umum AKDP menunjukkan banyaknya kendaraan angkutan umum AKDP yang melayani per 10.000 penduduk Jawa Timur

Berdasarkan data diatas pada tahun 2009 diketahui keterbandingan antara jumlah ijin trayek dengan jumlah penduduk mempunyai ratio sebesar 1,84 untuk setiap 10.000 orang di Jawa Timur dengan kata lain dari setiap 10.000 orang penduduk Jawa Timur sebanding dengan 1 sampai 2 kendaraan angkutan umum yang beroperasi.

Ratio jumlah kendaraan angkutan umum AKDP dari tahun 2009 hingga 2011 memiliki kecenderungan yang konstan atau peningkatan yang kecil, hal ini sebenarnya diakibatkan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi (baik roda dua ataupun roda empat) yang dinilai lebih efisien, hemat, cepat dan mampu menjangkau semua tempat sehingga angkutan umum cenderung kalah bersaing di lapangan.

Dalam pengartian secara luas, tingginya kepemilikan kendaraan pribadi sebanding dengan meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat Jawa Timur untuk mendukung mobilitasnya sehari-hari. Fakta ini menjadi pengaruh utama berkurangnya minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum khususnya MPU diwilayah perkotaan yang dinilai terlalu mahal, kumuh, tidak tepat waktu dan pola operasi yang kurang efisien dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Sedangkan upaya dalam membendung pertumbuhan sepeda motor dan mobil mustahil untuk dilakukan karena industri kendaraan merupakan bagian dari produk strategis nasional yang berperan sebagai tolak ukur pembangunan ekonomi nasional.

Dalam sisi lain, rating kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas yang berada pada peringkat ke 4 dibawah sepeda motor di urutan pertama, mobil pribadi dan mobil barang. Sebagai contoh pada tahun 2012 optimalisasi pengoperasian armada bus dinilai mampu mengurangi penggunaan sepeda motor yang keluar dan masuk kota Surabaya sebesar -4,5% dari tahun 2011 untuk kegiatan mudik dan balik (16 hari masa lebaran). Sedangkan pada kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas, tercatat 555 kecelakan yang melibatkan bus selama periode tahun 2011 berbanding jauh dengan sepeda motor yang mencapai 28.585 kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s