Menjadi TUA atau DEWASA?

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan. Kata bijak ini memberikan 2 opsi untuk menentukan pilihan hidup. Menjadi orang yang sekedar bermain – main didunia, ataukah menjadi orang yang mau terus menerus belajar tentang kehidupan. Belajar tentang hidup berarti menerima apapun yang terjadi dengan terus melakukan sesuatu, berupaya memahami dan menerima karakter seseorang baik yang disenangi ataupun yang sangat dihindari karena dibenci.

Sampai saat ini mungkin belum ada definisi pasti tentang arti kedewasaan. Mungkinkah jika orang yang telah mampu menerima dunia ini sebagai suatu ujian dan menjalaninya dengan kerendahan hati adalah orang yang bisa dikatakan dewasa? Ataukah orang yang bertutur kata bijak sehingga mengantarkan seseorang pada pembetulan terhadap semua teori kebaikan yang ia ungkap?

Kedewasaan secara singkat mungkin bisa diartikan kemampuan untuk memahami dan bersikap terhadap keadaan yang hadir dalam hidupnya. Ia tidak lagi menyalahkan dirinya, bahkan juga orang lain pada setiap kesalahan. Ia juga tidak lagi menuntut terlalu banyak tentang kesempurnaan. Karena ia sadari, banyaknya ketidaksempurnaan dalam hidup ini malah akan mengantarnya pada pengertian yang sejati tentang kedewasaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s