yang harus dipersiapkan untuk tes SAMAPTA

Beberapa tips berikut mudah-mudahan dapat memberi rasa percaya diri kamu dalam mempersiapkan diri. Namun perlu di ingat kemampuan diri dalam kesamaptaan jasmani tidaklah didapat dalam waktu semalam, melainkan perlu proses yang lama untuk menyusun kekuatan tubuh yang di harapkan.Ingat pepatah yang mengatakan musuh terbesar yang harus ditaklukkan adalah diri sendiri.

Pada dasarnya lebih dini mempersiapkan diri lebih baik. Laksanakan latihan secara teratur, dan meningkat dengan memperhatikan gizi(jangan sampai terlalu kurus), waktu (disiplin dan kemampuan tubuh, jangan di genjot terus sementara tubuh sudah loyo), cara latihan(sikap istirahat yang salah akan menimbulkan varises dan penyakit lain.

Sebagai contoh latihan Pull Up (bahasa kerennya restok) banyak peserta seleksi tidak dapat malaksanakan pull up, karena kegiatan tersebut memang membutuhkan tenaga yang tidak sedikit namun bila dibiasakan latihan setiap pagi dapat mencapai diatas 20 kali. Ada juga peserta yang dapat melaksanakan restok namun cara/teknis pelaksanaan tidak sesuai sehingga tidak di hitung. Demikian juga dengan kegiatan lari 12 menit, tanpa latihan yang teratur akan sulit mengendalikan napas akibatnya belum mencapai 12 menit tidak sanggup lari dan jalan terseok-seok.
Berikut hal yang perlu dipersiapkan menjelang tes Samapta/Jasmani :

1. Istirahat yang cukup
2. Jangan menggunakan suplemen yang dapat merusak jaringan tubuh seperti jantung (karena terlalu banyak mengandung kafein)
3. Gunakan pakaian yang tidak terlalu longgar dan terlalu ketat, jangan lupa bertanya warna pakaian yang akan dipakai.
4. Gunakan sepatu yang pas, tidak keras(merusak kulit),perhatikan tali yang kelewer akan mengganggu saat pelaksanaan tes samapta.(Kebiasaan pelamar saat akan mengikuti tes samapta memakai sepatu baru yang masih kaku, sehingga mengganggu saat mengikuti pelaksanaan tes.
5. Gunakan celana yang agak longgar dan perhatikan (hati-hati jangan pilih yang gampang robek bisa membuat mahlu kan.
6. Makan pagi sebelum berangkat mengikuti tes, namun jangan terlalu banyak dan kunyah sampai halus benar.
7. Minumlah secukupnya.
8. Jangan nervous saat mengikuti tes lari karena akan mengacaukan ritmik nafas, anggap saja penonton adalah teman-teman adalah pendukung yang tulus.
9. Mulailah lari dengan start napas yang teratur, jangan langsung digenjot seperti lari sprint jarak pendek sehingga belum sampai tengah waktu napas sudah terengah-engah.
10. Lakukan teknis gerakan-gerakan sesuai arahan petugas sehingga gerakan dianggap benar dan mendapat perhitungan nilai.

Demikianlah semoga tips sederhana ini dapat berguna bagi yang sedang mempersiapkan diri mengikuti seleksi penerimaan Taruna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s