jadi TARUNA, pengalaman sekali seumur hidup.

Menjadi taruna itu pengalaman sekali seumur hidup.
Kata pelatih yang memberi arahan pada teman, sedikit saya dengarkan waktu ia ngobrol dengan teman lain.

Banyak orang yang hingga mati – matian untuk jadi taruna, entah menjadi taruna dari korps manapun, hingga rela membawa karung ke panitia seleksi. Setelah jadi, bangga mulai ia rasakan waktu seragam dengan atribut dari korpsnya ia gunakan. Keringat, makian pelatih, ribuan push up, ratusan meter merayap, gulung – gulung dsb. Seakan tak berarti saat wings kualifikasi ia dapatkan.

Saat ada waktu merenung, melihat rumah dibalik tembok tinggi yang masih tetap saja digunakan untuk latihan halang rintang waktu perut lapar atau sedang stress. Susahnya anak sipemilik rumah itu masuk kedalam tempat ini. Berkali – kali mencoba tetap gagal. Padahal hanya sedikit naik tangga lalu lompat. Kalo dipikir recara rasional. Hingga sekarang hanya mampu meratapi kegagalannya.

Namun masih sedikit sekali yang merasa apa yang didapat saat ini adalah suatu anugrah, merasa ego adalah dirinya, ikut jadi pleton penjahat kompi, tukang pukul, dsb, dsb, dsb. “jadi elek – elakan gak masalah, toh sudah jadi orang”. Mungkin itu yang terpikir. Padahal kalau tau, memang seharusnya tau jika dipikir dan direnungkan. Apa yang membuatnya kenyang, pakaiannya terlihat gagah, otaknya yang berisi, pendidikan jasmani yang baik, adalah bagian dari apa yang Negara berikan untuk generasi mudanya. Tidak banyak orang yang mendapatkan kesempatan ini. Jadi ya seharusnya, mulai berpikir, apa yang seharusnya bisa diberikan untuk Negara ini dan belajar jadi manusia yang sesungguhnya waktu jadi taruna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s